WISATA KOPI AROMA BANDUNG


Kopi Aroma dari Banceuy yang sering di sebut Kopi Aroma Bandung bukanlah kopi biasa. Setelah dibeli dan dibersihkan, biji kopi aroma ini disimpan selama paling tidak 8 (delapan) tahun untuk kopi Arabika dan 5 tahun untuk Kopi Robusta sebelum mulai diolah, Ini dilakukan untuk mengurangi kadar asam (acidity), sehingga rasa kopi yang dihasilkan lebih murni. Dengan begitu, selain menjadi semakin nikmat, kopi ini dipercaya tidak mengganggu kerja lambung.


Kopi Aroma Bandng merupakan salah satu kopi legendaris yang produksinya bertempat di Jalan Banceuy No. 51 Kota Bandung. Roaster atau mesin pembakaran kopinya saja masih menggunakan pembakaran kopi yang masih kuno dan tradisional yang diimport langsung dari eropa pada tahun 1930.

Waktu yang dibutuhkan untuk pembakaran sekitar 2 jam lebih untuk memproses biji kopi sebanyak 3 kaleng minyak tanah. Temperature pembakaran yang rendah yang dihasilkan dari roaster kuno ini, yang bercampur dengan aroma pembakaran kayu karet menjadikan harum aroma kopi Bandung menjadi khas dan sedap.

Robusta adalah kopi yang paling kuat, dari aroma, rasa, hingga efek sulit tidur dan debar jantung yang berlebihan. Sementara Arabica memberikan rasa kopi yang ringan, aroma yang lumayan, tapi tidak terlalu mengganggu irama tidur.

Ada sebuah saran agar Anda bisa mendapatkan rasa kopi aroma Bandung yang nikmat, ialah dengan cara memasukkan dua sendok kopi ke dalam cangkir atau mug, seduh dengan air panas bersuhu 100 derajat. Biarkan selama dua menit tanpa diaduk, lalu tambahkan gula sesuai selera.