SISTEM CHECK-IN DAN BOARDING KERETA API



SISTEM CHECK-IN DAN BOARDING
 Sedikit info tentang aturan Kereta Api kedepannya :

PENJELASAN
1. CHECK-IN: Check-in adalah proses kegiatan pelaporan diri perihal keberangkatan penumpang untuk melakukan perjalanan dengan Kereta Api melalui counter Check-in atau layanan Check-in mandiri dengan penerbitan Boarding Pass

Spoiler for Check-in Counter

2. BOARDING PASS: Boarding Pass adalah dokumen yang diterbitkan oleh Perusahaan dan diberikan kepada penumpang yang telah melakukan Check-in sebagai dokumen pengganti Tiket , berisi data penumpang dan data perjalanan penumpang.

Spoiler for Boarding Pass

3. BOARDING: Kegiatan Boarding merupakan proses pemberian izin kepada penumpang untuk masuk Zona 2 atau Zona 1 stasiun atau naik Kereta Api dengan jadwal tertentu setelah dilakukan pemeriksaan kesesuaian identitas yang tertera pada Boarding Pass dengan Bukti Identitas penumpang

Spoiler for Boarding

4. ZONA 2: Zona setelah boarding tapi sebelum peron

5. ZONA 1: Zona setelah ruang tunggu dalam untuk naik ke KA
*Contoh di Malang dan Pasar Senen ada pagernya, Stasiun lain Zona 1 dan 2 masih campur

A. ALUR PEMBELIAN
1. Penumpang membeli tiket KA melalui channel eksternal (contact center, minimarket, web, apps, agen, dll) dan channel internal (loket).
2. Setelah melakukan pembayaran, penumpang akan mendapatakn struk atau bukti pembayaran yang mencantumkan kode booking (6 karakter) dan/atau kode bayar (13 karakter)
3. Penumpang menyimpan kode booking/ kode bayar hingga hari keberangkatan

B. PROSES CHECK-IN
1. Pada hari keberangkatan penumpang menuju Check-in Counter di Stasiun untuk melakukan Check-in. Check-in baru dapat dilakukan pada H-3 Jam hingga 5 Menit sebelum keberangkatan KA
2. Masukkan kode booking / kode bayar ke mesin Check-in Mandiri untuk mendapatkan Boarding Pass
3. Simpan Boarding Pass hingga anda diperkenankan masuk ke area Zona 1 dan 2 dalam Stasiun melalui Boarding Gate

C. PROSES BOARDING
1. Penumpang menuju Boarding Gate jika sudah diperbolehkan. Waktu Boarding pada umumnya 1 jam sebelum jadwal berangkat, namun bisa menyesuaikan di lapangan
2. Penumpang menyiapkan Boarding Pass dan Identitas Asli yang Nama dan Nomor Identitasnya sama dengan yang tertera pada Boarding Pass
3. Tunjukkan kepada petugas boarding, jika sudah sesuai penumpang dapat langsung naik ke KA

D. KETERANGAN
1. Saat ini masih proses uji coba, sehingga hanya diberlakukan di Stasiun Bandung
2. Selama masa uji coba, penumpang telah mencetak tiket sebelumnya, maka sebelum melakukan boarding harus tetap melakukan Check-in terlebih dahulu
3. Selama masa uji coba, penumpang yang membeli go show masih mendapatkan tiket dengan blangko lama sehingga tetap harus melakukan check in terlebih dahulu. Posisi check-in counter akan selalu di dekat loket go show untuk memudahkan penumpang
4. Saat ini masih masa uji coba sehingga masih bisa berubah kedepannya, ditunggu saja updatenya

E. LAIN-LAIN
1. Pembatalan dan Reschedule
2. Nantinya jika sudah diterapkan secara menyeluruh, maka pembatalan dan reschedule dapat langsung dilakukan dengan menunjukkan kode booking atau kode pembayaran dan identitas asli, tanpa perlu mencetak apa-apa

MANFAAT:
1. Pencetakan Boarding Pass lebih cepat lebih mudah dibandingkan Penggunaan tiket Dot Matriks. Boarding Pass yang menggunakan Tiket Thermal 2-3 detik sudah tercetak, sedangkan dot matriks yang mencapai 15 detik.
2. Lebih mudah disobek karena mudah diputus, sedangkan dot matriks perlu keahlian khusus saat menyobek
3. Tidak akan terjadi antrean di Check-In Counter seperti pada mesin CTM. Karena yang melakukan Check-in hanya yang akan berangkat, sedangkan dulunya yang mencetak tiket mulai dari yang berangkat Hari H, H-1, H-2, H-3, hingga H-90 sehingga area CTM sangat padat
4. Tidak akan ada Tiket Palsu, karena Boarding Pass yang belum dicetak hanyalah lembar kertas kosongan.

Masukan selama uji coba semoga menjadi bahan evaluasi buat KAI, ditunggu masukan yang bermanfaat


Sumber : Kaskusepur ( Nitrococus )